Home » , , » Ubuntu Segera Rambah Smarthphone

Ubuntu Segera Rambah Smarthphone

Posted by Agus Nur Ikhsan on Selasa, 08 November 2011

 
HARIANJOGJA.COM—Salah satu distribusi sistem operasi komputer berbasis Linux, Ubuntu, berencana merambah ke perangkat tablet PC dan ponsel pintar (smartphone). Selama ini Ubuntu dikenal sebagai salah satu distribusi Linux yang cukup terkenal bagi pengguna PC dunia.

Dikutip dari Mashable, Pendiri Canonical (perusahaan pengembang Ubuntu—red), Mark Shuttleworth mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat bagi sistem Ubuntu untuk menambah perangkat yang didukung. Menurut dia, mulai April 2014, Ubuntu akan hadir sebagai sistem operasi berbagai perangkat seperti tablet PC, TV, perangkat elektronik mobil, hingga ke peralatan masak.

Pernyataan Shuttlewoth tersebut sekaligus mencadi 'tantangan langsung' bagi sistem operasi Android yang selama ini mulai menanjak ketenarannya sebagai pendukung ponsel pintar. Android pun telah banyak diadopsi perangkat lain karena memiliki inti sistem operasi yang menunjang. Belum lagi dukungan raksasa internet, Google, atas pengembangan Android yang menjadikannya semakin perkasa.

Meski begitu, Shuttleworth meyakini Ubuntu memiliki posisi yang bagus untuk masuk dalam industri sistem operasi perangkat sehari-hari karena pengembangan antar muka yang semakin baik.

Pada 2008, Shuttleworth juga pernah menegaskan jika Ubuntu akan melampaui Apple dalam hal antar muka sistem operasi

Thanks for reading & sharing Agus Nur Ikhsan

Previous
« Prev Post

2 komentar:

Popular Posts