Home » , » Apa itu Konkurensi dan Masalahnya Ketika Terjadi Konkurensi

Apa itu Konkurensi dan Masalahnya Ketika Terjadi Konkurensi

Posted by Agus Nur Ikhsan on Rabu, 09 Mei 2012

Nama               :  Agus Nur Ikhsan
NIM                 : 10018108
Kelas               : B


1.      Konkurensi adalah proses-proses (lebih dari satu proses) yang terjadi pada saat bersamaan. Konkurensi merupakan landasan umum perancangan sistem operasi.

2.      Masalah yang terjadi ketika konkurensi
·        Mutual Exclusion : Jaminan hanya satu proses yang mengakses sumber daya pada satu interval waktu tertentu. Sumber daya yang tidak dapat dipakai bersama pada saat yang bersamaan.
o   Contohnya : Seringnya terjadi pada peralatan percetakan (printer).
·         Deadlock : Keadaan dimana dua program memegang kontrol terhadap sumber daya yang dibutuhkan oleh program yang lain. Tidak ada yang dapat melanjutkan proses masing-masing sampai program yang lain memberikan sumber dayanya, tetapi tidak ada yang mengalah. Deadlock yang mungkin dapat terjadi pada suatu proses disebabkan proses itu menunggu suatu kejadian tertentu yang tidak akan pernah terjadi. Dua atau lebih proses dikatakan berada dalam kondisi deadlock bila setiap proses yang ada menunggu suatu kejadian yang hanya dapat dilakukan oleh proses lain dalam himpunan tersebut.
o   Contohnya : dalam persimpangan jalan kasus ini setiap mobil bergerak sesuai denan nomor yang ditentukan, tetapi tanpa pengaturan yang benar, maka setiap mobil akan bertemu pada satu titik yang permanen atau dapat dikatakan bahwa setiap mobil tidak dapat melanjutkan perjalanan lagi atau dapat disebut juga terjadi deadlock.
·         Startvation : kondisi yang biasanya terjadi setelah deadlock. Proses yang kekurangan resource karena terjadi deadlock tidak akan pernah mendapat resource yang dibutuhkan sehingga mengalami kelaparan.
o   Contohnya : Suatu client yang sedang berinteraksi dengan sebuah server dalam waktu yang lama mengakibatkan server tersebut tidak dapat melayani client yang lain.
·         Sinkronisasi : Proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Berarti secara garis besar mungkin sinkronisasi adalah menyamakan sesuatu secara bersamaan.
o   Contohnya : Sinkronisasi Pada Solaris
Pada solaris 2, sinkronisasi diimplementasikan dengan menggunakan beberapa kunci untuk mendukung sistem multitasking, multithreading (termasuk thread real time) dan multiprosessing. Solaris 2 menggunakan adaptive mutex untuk efisiensi system pada saat proteksi data dari kode segment yang pendek.selain itu juga menggunakan variabel kondisi dan kunci reader writer apabila kode segmen lebih panjang memerlukan akses ke data. Solaris 2 juga menggunakan turnstile untuk mengurutkan daftar thread yang menunggu memperoleh baik adaptive mutex atau konci reader writer.

Thanks for reading & sharing Agus Nur Ikhsan

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts